Cara Mengolah Belut Agar Tidak Berlendir dan Berbau Lumpur

Halooo para bunda dan sista syantikk. Pernah ga, bunda dan sista mencicipi olahan berbagai masakan dari bahan dasar belut? Kalau dikampung halaman saya di Padang Sumatera Barat, kita akan banyak menjumpai aneka hidangan dari bahan dasar belut. Seperti belut sambal lado, belut sambal ijo yang begitu menggoda dan ada juga kalio atau rendang belut. Pastinya akan membuat lidah anda bergoyang menikmati citarasa aneka olahan belut khas ranah bundo Minang Kabau.

Namun, mungkin tidak semua dari kita dapat mengolahnya hingga menjadi masakan yang begitu nikmat. Terkadang ada sebagian orang yang menganggap mengolah belut sangat merepotkan. Ada juga yang menganggap kalau belut berbau lumpur jika dimasak. Dan ada juga yang ga mau bersusah payah untuk memasaknya. Cukup dengan datang kerumah makan Padang hehehe.

Naahh, sekarang saya akan berbagi tips untuk kita semua khususnya bagi para pecinta belut tentunya. Kali ini saya akan khususkan untuk masakan belut goreng. Mengolah belut tidak begitu susah kok bunsis syantikk. Pertama, kita perlu membersihkannya dengan cara memotong kepala dan sebagian ekornya mungkin sekitar lebih kurang 7 cm. Lalu belah mulai dari pangkal leher belut hingga bagian perut, dan bersihkan isi perut hingga tidak ada kotoran yang tertinggal. Lalu pukul bagian yang sudah dibelah hingga sedikit gepeng. Dan kita tinggal mencucinya hingga bersih dan potong sesuai selera.

Agar tidak berlendir atau berbau lumpur, tuangkan sedikit cuka kedalam potongan belut tadi. Lalu aduk dengan tangan seperti kita menguleni adonan kue. Nanti bunda dan sista akan merasakan lendir pada belut akan hilang dengan sendirinya. baru bilas dengan air besih kembali.

Nahh, setelah belut sudah bersih bunda dan sista cukup menyediakan beberapa siung bawang putih dan sedikit ketumbar serta garam yang sudah dihaluskan. Setelah itu beri sesatu sendok cuka lagi baru diaduk rata. Diamkan sekitar 10 menit didalam freezer. Setelah itu bunda tinggal menggorengnya dengan api sedang sesuai dengan selera kematangan belut. Karena ada yang suka belutnya sedikit basah atau benar-benar garing.

Tips bagi yang menyukai belut garing, lakukan penggorengan belut dengan api sedang sekitar lebih kurang 10 menit, lalu beri api kecil hingga belut betul betul garing.

Gimana bunda dan sista. Tidak terlalu sulit kan mengolah belut menjadi masakan istimewa, untuk santapan keluarga tercinta dan orang tersayang tentunya.

Silahkan mencoba tips dan trik mengolah belut agar tidak berlendir dan berbau lumpur. Selamat mencoba. semoga bermanfaat untuk kita kita semua.

Tunggu tips dan trik lainnya hanya disini ya. Jika bunda dan sista merasakan manfaat dari artikel ini, silahkan bagikan kepada rekan-rekan yang lain agar mereka juga bisa merasakan manfaatnya.

Please follow and like us:

One thought on “Cara Mengolah Belut Agar Tidak Berlendir dan Berbau Lumpur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Temukan kami di berbagai media sosial di bawah ini

%d bloggers like this: